Monday, May 14, 2012

Yusuf Masa Kini


Hai- hai..
Wah sudah hari senin lagi yah, waktu terasa berlalu begitu nikmat (cepat) hahaha
Agak kaget pagi ini liat dashboard blogger karna lagi-lagi bacaan yang musti gw baca tentang sebuah hubungan pria-wanita, ada yang cerita tentang hubungan pasangan suami istri ada yang nulis kalo doi lagi dilamar, hadeuh enak emang yah kalo ngomongin hal yang satu itu.. Yap, cinta-cintaan *(lagi-lagi) ngakak sendiri bacanya gw* hahahaha
Kenapa ngakak? Entahlah biarkan saya dan dia yang tahu #ehhh

Hari-hari ini gw sangat terinspirasi dengan salah satu tokoh Alkitab yang pasti kita semua udah tau nama, alamat, tempat tanggal lahir, hobby dan cita-citanya hahaha ya paling engga pernah denger namanya lah. Biasanya nama dia ini sering diadopsi oleh orang-orang jawa sebagai nama juga, siapa lagi kalo bukan YUSUF. Bentar-bentar, emang ada orang jawa yang namanya Yusuf? Hahaha gw juga ga tau soalnya :D ya pokoknya kali ini gw mau share sedikit tentang doi.

Siapa yang bisa mendeskripsikan seorang Yusuf dalam sebuah kalimat?
Ayo anak-anak, cepat.. Yang bisa bapak berikan hadiah nanti.. Tunjuk tangan, sebutkan nama, alamat, tempat tanggal lahir, hoby, no telpon, pin atm, dan ukuran sepatu sebelum menjawab.. hahahahaa Bapak gurunya ini penuh sukacita nak, jadi harap maklumlah ya.
Sabar? Yap tepat sekali.
Baik? Betulllll..
Perawakannya maniess and kewl abiessss alias ganteng? Yap.. Jadi ga enak saya disebut-sebut. :D
Lalu apalagi anak-anak?
Punya self control yang bagus? Yap, tapi bedanya sama sabar apa ya haha
Udah itu aja kah?
Ya jawab sendirilah yaa haha

Ada beberapa point yang menurut gw jadi kekuatan si bapak Yusuf yang semestinya bisa jadi kekuatan buat anak-anak Tuhan masa kini dalam menjalani kehidupannya sehari-hari sob..


1. SABAR
Kayanya kita udah tau lah yah bapak Yusuf ini diapain sama keluarganya.
Saudara-saudaranya iri sama dia sampe-sampe mau dibunuh, untung ada Om Ruben waktu itu jadi saudara-saudaranya itu mengurungkan niatnya walaupun akhirnya doi dijual ke orang Mesir.
Mungkin kita mikir, ya kali adek atau abang gw sendiri ngejual gw jaman sekarang.. Itu mah kaga relevan kisahnya sama jaman ini. Eits, jangan salah coy. Berapa banyak yang pernah baca kisah tentang seorang ibu yang jual anaknya ke orang lain demi dapetin uang untuk makan? Berapa banyak yang pernah dengar seorang suami yang mengikhlaskan istrinya sendiri untuk “menjual” kecantikan dan kemolekannya kepada pria lain demi uang? Sedih, ngeri, serem juga ya denger berita-berita kaya gitu.
Tapi gw ga akan fokus dengan kengerian itu, karna ga akan ngebangun kita juga kan, gw pengen kita sama-sama fokus sama sikap bapak Yusuf ini pada waktu dia diperlakukan seperti itu oleh orang-orang yang notabenenya adalah saudaranya sendiri.
Sabar, sabar, dan sabar.. Gimana kalo kita sebut bapak Yusuf ini sebagai Bapak sabar segala bangsa? Setuju? Atau ada diantara kita yang diberikan karunia kesabaran labih dari Yusuf?
Bayangin deh, abang atau kakak kita bete sama kita trus ngejual kita ke juragan emas dipapua (misalnya loh ya).. Kalo gw jd posisi Yusuf bakal kesel setengah hidup kayanya, ya gamau muna lah namanya juga msh hidup didunia pasti roh kehidupan dunia (emosian) tetep ada walaupun ndak berkuasa lagi atas hidup saya.
Bukan Cuma itu, inget ga waktu Yusuf ini terjemahin mimpi si tukang roti dan tukang minuman?
Inget anak-anak?
Tukang roti dan tukang minuman ini bilang kalo mereka bakal bantuin Yusuf, mereka udah baik-baik, kenalan, curhat-curhat tentang mimpi, bahkan gw yakin sempet tukeran pin bb deh mereka hahaha tapi yang Yusuf dapet apa? Dia musti nunggu 2 tahun sampai Firaun bermimpi.
Bayangin, 2 tahun lama ga? 
Mari kita tanyakan kepada yang sedang berpacaran: 
Apakah 2 tahun itu waktu yang cepat bagi kalian dalam berpacaran? 
*pura-pura jadi orang yang sedang pacaran sambil menjawab* hmmm ngga kok 2 tahun sebentar.
Yakin? 
*mulai garuk-garuk kepala* hmm lumayan lama sih, agak bosen juga :D
Nah iya emang, 2 tahun dalam penantian itu pasti berasa lama,  gitu juga Yusuf. Tapi dia menjalaninya dengan penuh kesabaran.
Nunggu tuh ga enak sob, apalagi nunggu-nunggu yang ga pasti.
Trus inget ga pas saudara-saudaranya Yusuf datang ke Mesir untuk beli gandum?
Kan di Alkitab ditulis tuh kalo Yusuf ini nuduh saudara-saudaranya ini adalah pengintai, Yusuf kenal saudaranya, Yusuf tau keadaan saudara-saudaranya. Meskipun dia udah dijahatin, dijual, bahkan dipelakukan seperti anak tiri Yusuf ini akhirnya dia ga tega and memperbolehkan saudara-saudaranya untuk beli gandum dari dia. Wow buat gw, ini salah satu contoh tindakan yang cowo banget.. Macho bangetlah, ga bales dendam eh malah memberkati.
Sekarang, apa yang menjadi pergumulan kita? Nunggu bertahun-tahun supaya keluarga kita breakthrough? Atau ada orang yang sedang memperlakukan kita jahat? Ah, apapunlah.. Setiap kita pasti punya pergumulan, yuks sama-sama belajar seperti Yusuf. Kalau Yusuf bisa, kita juga pasti bisa kok :)

2. Tahan banting
Yang kedua, tahan banting.. Tahan dibanting segala hal, dalam hal hawa nafsu, hal kekuasaan, bahkan saat dipenjarakan pun menurut gw dia tahan banting sob.
Kenapa gw nganggep kalo si bapak Yusuf ini tahan banting? Mari kita ikuti kisahnya.
Selain tahan banting atas perlakuan jahat saudara-saudaranya, dia juga tahan banting banget terhadap musuh semua lelaki sejagat raya ini (baca: NAPSU).
Inget waktu dia digodain sama tante Potifar?
Ingetlah ya, adegan ini sering banget diadopsi oleh beberapa stasiun televisi dalam acara sinetron hahaha
Gw bisa bayangin kalo tante Potifar ini pasti orangnya cantik, kulitnya putih mulus, bibirnya tipis, kuku kaki dan tangannya rapi karna sering menikur pedikur (sorry ga tau cara penulisannya yang benar hahahaa), trus pasti rambutnya hitam panjang lurus dan berkilau padahal cuma pake shampoo wakakak, dandan menor, dan berpakaian yang mahal-mahal pastinya… Kenapa gw tau? Ya logic dong, dia isteri orang kaya soalnya. Biasanya orang kaya itu rajin kesalon, rajin shopping, rajin perawatan ini itu kan hehehe
Yusuf ini salah satu inspirasi gw juga, mungkin juga buat cowo-cowo diluaran sana. Dia bisa menolak secara tegas dan halus tanpa menyakiti hati si tante itu.

Tante: hai cup.. Ucup lagi sibuk yah
Yusuf: ngga terlalu sih tan, nih lagi bersihin debu-debu. Kamar tante sama om agak berdebu :)
Tante: *dengan gaya manja* temenin tante dong sini, come to mama baby. huahahahahahaha
Tapi, tau ga apa yang dijawab oleh Yusuf? Dia ga jawab kasar kaya “dasar kamu, wanita m*rahan.. wanita ga tau di*ntung dsb dsb dsb..” dia malah jawab:
Yusuf: tante cantiks, semua isi rumah ini udah jadi kekuasaan ku kok. Bahkan kekuasaan ku di rumah lebih tinggi dari si om, Cuma satu yang ga boleh aku sentuh yaitu kamu. Masakah aku tega nyakitin hati si om, dan berbuat dosa yang sangat jahat kepada Allah?
Tante: *ambil jaket, sambil nahan malu* hadeuh ucup nih, udah cakep, cowo banget, cinta Tuhan bgt lg.. Bete gw!

Kebanyakan cowo mah secara manusiawi lemah dalam ujian atau bantingan yang ini, tapi Yusuf terbukti tahan banting untuk hal yang berat seperti itu. Buat gw, tanpa Tuhan ga mungkin Yusuf bisa nolak wanita secantik, setajir, dan se-sexy tante potifar. Ayuk ah cowo-cowo, apapun diluar sana sekalipun cantik kalo belom halal mending jangan deh hehehe biar aja roh kita penasaran sampai waktunya tiba nanti..
“Pria macho sejati adalah mereka yang mampu mempertahankan  kesuciannya sampai akhir masa kelajangannya”. -Frits-

3. Muda dan “berbahaya”
Ngomongin masalah umur gini, semoga yang baca postingan ini ga ada yang tersinggung yah hahahaha
Waktu Firaun gelisah karna ga tau apa arti dari mimpinya itu. Dia memberikan mandate kepada pengawal, prajurit bahkan penasehatnya untuk mencarikan orang-orang pintar, ahli-ahli yang bisa mengartikan mimpinya. Tapi Firaun ga dapet satu pun orang seantero mesir yang bisa mengartikan mimpinya sebelum si tukang minum itu memperkenalkan si Yusuf seorang muda yang pernah menafsirkan mimpinya.
“Yusuf berumur tiga puluh tahun ketika ia menghadap Firaun, raja Mesir itu. Maka pergilah Yusuf dari depan Firaun, lalu dikelilinginya seluruh tanah Mesir.” Kejadian 41: 46
Gw jadi inget khotbah dan bukunya ko Phillip yang “Before 30”, dia itu udah hampir mendapatkan semuanya dalam range umur dibawah 30, baik aspek pendidikan, pekerjaan, pernikahan, dan pelayanan. Gimana caranya? Lagi-lagi, belajar dari Yusuf. 

“Lalu berkatalah Firaun kepada para pegawainya: "Mungkinkah kita mendapat orang seperti ini, seorang yang penuh dengan Roh Allah?” Kejadian 41: 38
Firaun aja orang yang notabenenya berbeda iman dengan Yusuf mengakui kalau Yusuf ini dipenuhi oleh Roh Allah, nah bagaimana dengan kita? Emang susah sih, Cuma pasti bisa kok. Waktu kita punya hubungan intim dengan TY, mau gamau RohNya itu pasti penuh didalem hidup kita. Kalo udah gitu, hikmat kaya apapun pasti dikasih walaupun kita masih muda. So, buat gw umur muda atau agak tua bahkan sangat tua ngga akan menjamin kalo seseorang itu dewasa dalam hidup mulai dari tindakan, pikiran, hikmat, bahkan keputusan-keputusan yang dia ambil. Intinya, penuhi roh kita dengan Roh Allah mumpung masih muda :)

4. Berkualitas
Yang terakhir, Yusuf ini adalah salah satu contoh manusia yang merkualitas ketika bekerja, waktu doi jadi tukang bersih-bersih, waktu dimasukin di penjara, bahkan ketika di udah jadi mangku bumi di Mesir dia melakukan segal tugas dan tanggung jawabnya sepenuh hati seperti untuk Tuhan.
“Oleh sebab itu, baiklah tuanku Firaun mencari seorang yang berakal budi dan bijaksana, dan mengangkatnya menjadi kuasa atas tanah Mesir” Kej 41: 33
Gw yakin kalo Firaun itu ga asal nunjuk Yusuf untuk jadi petinggi di bangsanya ayat itu membuktikan bahwa Firaun juga mempertimbangkan kualitas dari seseorang yang akan ditunjuk. Yusuf berakal budi alias pinter dan bijaksana, hal ini yang harus kita punya. Kualitas seperti inilah yang semestinya dimiliki oleh anak-anak Tuhan :) 
Yuk ah sama-sama belajar memiliki kualitas biar orang-orang melihat kemuliaan Tuhan dari dalam diri kita.. ihiyy
Kayanya segitu aja dulu deh yah..
Pokoknya intinya, Yusuf itu seorang yang dahsyat. Muda, beda, berbahaya, penuh kasih, sabar, dan berpendidikan pastinya.
Mau sukses?
Jadilah Yusuf Yusuf dimasa kini.
Tetap Semangat.
-FHT-

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Frits Hendrico Tarihoran | Bloggerized by fritshendrico - Premium Blogger Themes | Revivalist, History Maker