Wednesday, March 21, 2012

Urgently Needed, KOMUNITAS!!


“Komunitas, mana komunitasnya?” “mana komunitasnya, Tuhan..”
Ya mungkin kata-kata inilah yang hampir 6 bulan ini gw bilang-bilang ke Dia, tiap doa pagi, malam, bahkan doa makan pun terkadang gw bawain doa itu :(
Kenapa sampe segitunya? Begini ceritanya,
Jadi setelah lulus sidang skripsi bulan September 2011 itu kan gw udah langsung looking for a new job ya maksudnya biar ga terlalu lama nganggur, waktu itu gw udah sempet kerja sih sebelum sidang skripsi Cuma ya gitu deh ceritanya panjang baca disini aja kalo mau :p Disitu gw nulis akhirnya gw dapet kerjaan di Jakarta dengan kata lain berarti gw musti ninggalin kota Bandung termasuk segala keindahan alam, keramaian malamnya, sejuk cuacanya, dan segala hal yang belum tentu gw dapetin di Jakarta termasuk KOMUNITAS yang gw punya disana (bukan geng motor loh haha).
Gw mau share sedikit tentang komunitas yang gw punya di Bandung sana, komunitas begitu penting bagi gw karna disana gw bisa saling menjaga, membangun dan bertumbuh bersama-sama, pokoknya saling-salinglah..
Yang pertama komunitas mahasiswa Kristen, waa keren ya namanya? Yang ikutan mahasiswa Kristen semua bro :D
Disini gw bener-bener tau apa makna dari sebuah komunitas, apa gunanya kita ikut-ikutan organisasi, berapa penting kita terjun kedalam komunitas. Hampir 3 tahun kuliah di Bandung ya hampir 3 tahun juga gw hidup dan bergaul dengan mereka-mereka ini, mulai dari perokok, mantan perokok, peminum, mantan peminum, pemalas, mantan pemalas dan masih banyak lagi. Disana gw ketemu berbagai macam karakter manusia, ada yang masih ngeyel dan banyak juga yang udah berubah alias tobat. Salah satu buah yang gw dapet dari komunitas ini adalah KEPEMIMPINAN, dulu waktu jaman sekolah begitu denger nama gw dipanggil kedepan ngerjain soal dipapan tulis bawaannya pasti mules, deg-deg an, and yang pasti ga punya rasa percaya diri.. Orang kaya gini mana mungkinlah bisa jadi pemimpin, wong disuruh kedepan kelas aja udah ketakutan gimane mimpin rapat, bernegosiasi, dan menyelesaikan konflik. Tapi itulah cara Tuhan mengubahkan gw, disana gw dapet training kepemimpinan gitu deh called Leadership Training Course ampe 4 level bro, panjang banget haha dan pernah ya waktu itu Tuhan percayakan gw jadi orang nomer 2 disana, caelah jadi Bapak Budiyono ceritanya :D ah banyak deh, komunitas ini sungguh memperlengkapi gw banget supaya pas terjun ke market place bisa “adaptasi” dengan “dunia sesungguhnya”.
Dan yang paling gw rasa kehilangan adalah rasa persaudaraan yang begitu erat, disana tiap ada yang sakit dijenguk, ada yang baru kemalangan langsung adain ibadah penghiburan, ada yang udah agak jarang ibadah ditengokin ke kosannya, ada yang punya masalah berat seberat ebi langsung kita doakan (ebi lagi dibawa-bawa haha), intinya komunitas inilah yang menjadi keluarga gw selama mengemban tugas belajar sebagai mahasiswa diBandung.
Satu lagi, komunitas sel dari gereja gw di Bandung dulu, nah di Jakarta gw bener-bener ngerasa kehilangan separuh jiwa dan raga ku ini. Belum nemu orang-orang yang berapi-api, belum nemu pelayan Tuhan yang gila-gilaan banget, belum nemu orang yang bener-bener taat, belum nemu deh komsel yang kaya gini diJakarta, gw masih bergumul biar TY tunjukin komunitas yang bisa membangun dan dibangun, bertumbuh dan menumbuh, maju dan memajukan kaya komsel ini dulu :( sering iri rasanya denger salah satu temen yang sekarang jadi gembala sel di tempatnya, sebut saja “melati”. Gw kenal melati yang dulu itu tukang ngambek, tukang bohong, tukang marah, tukang apalagi ya? Segala tukang yang negatiflah pokoknya hahaha 
Tapi komsel mengubahkan dirinya (maksud gw, TY mengubahkan dirinya melalui komsel) dia bisa jadi pemimpin yang gembalain beberapa anak dibawahnya, dia mendoakan mereka, dia bertanggung jawab atas mereka (yaiyalah bertanggung-jawab orang pemimpinnya) ga kebayang dia yang dulu mukanya cemberut mulu ampe males liatnya sekarang jadi suka senyum loh. Dia bersaksi kalo lewat komunitaslah dia diubahkan banyak hal oleh Tuhan :’) Suka terharu kalo lihat pekerjaan Tuhan yang mengubahkan banyak jiwa; Salut buat Tuhan Yesus!

Nah dari yang gw share barusan, udah jelas kan yah pentingnya komunitas?
Hah? Belom jelas? Oke kita bahas.. :D
Komunitas bagi anak-anak muda, mengapa menjadi sangat penting?
1. Karena menjelang hari Tuhan yang mendekat kita harus semakin giat melakukan pertemuan-pertemuan ibadah.
Ibrani 10: 25 bilang kalo kita ga boleh menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah, malah katanya disuruh harus semakin giat, kalo udah gitu mah ibadah minggu doang mana cukup kan? Butuh PA, komsel, Cool, atau apalah sebutannya yang lain, yang penting kita bisa bertumbuh disana.
2. Kita itu keluarga Allah bersama dengan orang percaya yang lainnya
Dalam Efesus 2:19 dikatakan "Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota keluarga-keluarga Allah"
Kalau kita membaca Alkitab, kita akan menemukan bahwa Alkitab sering membicarakan tentang orang-orang Kristen sebagai saudara-saudara seiman baik laki-laki maupun perempuan. Saudara seiman karena kita semua memiliki Allah yang sama yaitu Allah Bapa di Surga. Roma 12:5 menegaskan "Demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain."
Kita menjadi kepunyaan bagi setiap saudara seiman!, untuk itu kita harus bersekutu dengan saudara/i yang lain didalam Kristus. Kita tidak dapat berelasi dengan Yesus Kristus tanpa bersekutu dengan umat-Nya yang lain, yaitu dengan saudara seiman kita! dan persekutuan itu bisa dilakukan secara lebih dekat atau lebih nyata melalui kelompok sel. So, jelas penting banget dan gw butuh banget sama yang namanya Komunitas.
3. Kita butuh orang-orang yang mendorong kita untuk terus bertumbuh
Faktanya adalah, manusia ga bisa bertumbuh sendirian didalam Tuhan Ibrani 10:24 bilang kita harus saling memperhatikan dan mendorong dalam kasih dan perbuatan-perbuatan baik. Lagian, untuk mengerti Firman ga bisa sendiri aja, kan kita butuh partner untuk share dll.
4. Tuhan Yesus sendiri yang ngajarin.
Waktu TY didunia, dia ga sendirian loh.. seengganya dia nunjukin kalo mereka (TY dan 12 murid) berjalan bersama sebagai sebuah komunitas yang saling menguatkan, saling tegur ketika ada kesalahan, saling mengasihi walaupun kadang ada konflik antara murid-murid.
Lo ngaku orang Kristen kan? Ya sudah sepatutnyalah kita ikut teladan TY dalam hal ini ya hidup dalam KOMUNITAS!
5. TY hadir saat kita bersekutu bersama
Salah satu yang gw kangenin dari komunitas gw dulu itu ya kehadiran TY saat Pujian dan Penyembahan, gw kangen banget bisa ngerasain hadiratNya saat Doa, Ibadah Raya, Doa keliling, Sel gabungan dll :’) 
Firman Tuhan bilang kalo 2 ato 3 orang kumpul, disana Doi hadir (Matius 18: 20).. Tuhan cepetan dong kasih gw komunitas :(
6.     Terdapat kuasa yang dahsyat ketika setiap orang berdoa secara bersama (Dalam sifat bersekutu).
Dalam Injil Matius 18:19 Tuhan Yesus berkata bahwa ketika kita berdoa secara bersekutu (lebih dari satu orang) maka doa kita akan memiliki dampak yang luar biasa “Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga.”
Lewat persekutuan dalam kelompok sel, kita diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk meminta dukungan doa kepada saudara-saudara seiman atas masalah yang tengah terjadi dalam kehidupan kita sehingga kita benar-benar dapat menyaksikan jawaban doa yang nyata.
7.     Sering Jatuh?
Jujur kalo gw diluar komunitas gw sering banget jatuh, bahkan ga jarang juga sampe berkali-kali jatuh bangun dalam dosa. Waktu di Bandung, jarang bahkan bisa dibilang jarang banget gw jatuh dilubang yang sama contoh: mikir negatif.. Waktu gw tetap bersama dengan komunitas kan otomatis kegiatan bakalan numpuk dan ga ada waktu untuk memikirkan hal-hal yang negatif atau ga berguna toh, nah bandingkan dengan yang kerjaannya cuma dirumah (tanpa banyak kegiatan komunitas) pasti kebanyakan bengong, nonton dvd, bbm-an, twitter-an dll yang ujung-ujungnya adalah mikir aneh-aneh. Ya pengalaman gw sih gitu, makanya gw juga masih bergumul nih biar jgn terlalu lama "nganggur" :)

Guys, untuk kalian yang mungkin saat ini udah punya komunitas..
Jaga baik-baik, bertahanlah disana, bertumbuhlah, dan berdampaklah bagi orang lain.
Walaupun mungkin banyak konflik, atau ada banyak kendala dalam komunitas itu, tetaplah semangat dan cintai komunitas mu. Sedih loh hidup tanpa komunitas, sedih banget :'( berasa kaya anak hilang.......
Sekalian gw minta di-Doakan, biar TY cepet-cepet kasih gw komunitas ya :)

Tetap Semangat (sambil ngelap air mata huhu) hihihihi
-FHT-
#HistoryMaker

2 komentar:

viryaniKHO said...

lohh kamu belon ikud komsel ta di GMS? ayo ikud ajaaa :)

windy said...

Si "Melati" apa kabarnya? :p

Post a Comment

 
Design by Frits Hendrico Tarihoran | Bloggerized by fritshendrico - Premium Blogger Themes | Revivalist, History Maker