Thursday, July 19, 2012

7 Checklists

Seven Checklists, ayoo tebak ini mahluk apa? :D
Gw pernah beberapa kali tanya sama beberapa teman tentang kriteria pasangan hidup yang mereka doakan, rata-rata cowo punya list hampir 20 kriteria, kalo cewe bisa sampe 49 point.. Banyak bener yah, mantep dah emang anak-anak Tuhan mah.. :D
Disini gw tulis hanya 7, yang mencakup bahkan hampir 100 kriteria yang gw punya kayanya huahhaahhaha
Siapa yang merasa dirinya tidak terpanggil untuk menikah? ayo tunjuk tangann, geleng-gelengkan kepala, dan pinggul digoyang (disco)..
Gpp kali jangan malu-malu, rasul Paul aja ga nikah.. hehehehe
Tapi ya gw tau lah rata-rata pada punya kerinduan untuk menikah kan? *sotoy.. :D
Pengajaran ini gw dapet pas baru beberapa bulan komitmen bertumbuh di MS, ga tau deh kayanya koko fasilitator gw dulu emang mewanti-wanti biar kami (anak bayi baru tobat) ga pada keblinger sama pesona cantik cewe-cewe Bandung kali yah ahahaaha
Ini adalah 7 kriteria untuk calon pasangan hidup, sekali lagi pasangan hidup bukan cuma sekedar calon pacar.. ihiiy deg-degan deh gw kalo denger kata "pasangan hidup" hahahaha

Oke serius yah, jadi ko Philip bilang ga usah muluk-muluk dari ke 7 kriteria dibawah pastikan "inceran" lo memenuhi kriteria diatas 70% (Rendah bgt yah?).. Kalo diatas 70%, terlalu muluk-muluk nanti akan ada banyak anak muda yang ga nikah-nikah, kalo dibawah 70% juga bahaya karna akan ada banyak anak muda yang terlalu cepat nikah (ngertilah yah) Gw inget sama Firman yang bilang "janganlah kamu menjadi pasangan yang tidak seimbang".
Seimbang disini tidak cukup hanya se-iman.. Kalo gw sebagai cowo, misalkan punya salah satu cita-cita alias kriteria istri nanti bertubuh tinggi setinggi diatas 180cm tapi kenyataannya adalah tinggi saya hanya 160 cm, jelas kaga seimbang dong boss..
Misalkan lagi, gw pengen deh punya istri nanti rajin kegereja, rajin sate, rajin atau aktif pelayanan trus kalo doain orang semuanya pada rebah (misalkan loh yah) sedangkan gw nya sebagai cowo, sate aja masih bolong-bolong trus kegereja kalo ada yang ngajak doang lalu lebih parahnya lagi ga suka sama Firman Tuhan, nah ya itu kan namanya bener-bener ga sepadan ga seimbang dan ga serasi, right??
Pointnya adalah, ketika kita membuat kriteria untuk pasangan hidup pastikan bahwa kita minimal sudah memenuhi beberapa kriteria dari pasangan hidup kita tersebut. Tuhan baik sih memang, tapi inget Dia juga adil. Jangan terlalu berharap besar untuk memiliki pasangan hidup yang sukses kalau kita sendiri malas bekerja, jangan terlalu berharap punya pasangan yang cinta Tuhan kalo kita sendiri suam-suam kuku.. Nah balik lagi ke minimal 70%, sebenernya ini fleksible sih kalo lo ngerasa udah punya hal-hal dibawah lebih dari 70% silakan naikkan rate nya, tapi INGET jangan sampe diturunin, BAHAYA!! hahahaha

Inilah dia ke Tujuh Undang-Undang Dasar Dalam Mencari Pasangan Hidup, bila melanggar dikenakan denda sebesar $100juta (dibayar saat weeding ceremony dan bulan maduuuu) dan kurungan dalam penjara rumah tangga yang dipastikan tidak ada damai sejahtera SEUMUR HIDUP..

1. Memiliki Komitmen Bertumbuh Dalam Iman Kepada Yesus Kristus
Komitmen, menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) memiliki arti perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu; bisa diartikan juga sebagai kontrak. 
Bertumbuh, menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) memiliki arti (hidup) dan bertambah besar atau sempurna.
Iman Kepada Kristus,  (bahasa Yunani: πίστιν– pisti) adalah rasa percaya kepada Tuhan. Iman sering dimaknai "percaya" (kata sifat) dan tidak jarang juga diartikan sebagai kepercayaan (kata benda). Menurut Paulus, "Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat" (Sumber Wikipedia)

Jadi kalau ditarik benang merah kuning hijau dari ketiga kata diatas kesimpulannya adalah, CINTA TUHAN! Yap, pastikan si calon istri kita nanti 100000% punya perjanjian pribadi yang mengikat hidupnya untuk terus hidup dan bertumbuh menuju kesempurnaan dalam imannya kepada TY. 
Lalu yang beda agama gimana dong? Silakan jawab sendiri yah, gw ga tega bilangnya.. hahaha lagian kaga jaman lagi ah pacaran beda agama, kaya anak SMP aja, bocah.. Upsss sorry yah jika misal kalau ada yang tersinggung. hihihihii
Gelap sama terang ga bisa nyatu, minyak sama air ga bisa nyatu, demikian juga kita dan saudara sebangsa diluar sana ga akan pernah bisa bersatu kalaupun bisa paling juga 5 tahun ditalak 30 hahahahahaha

Lalu, Bagaimana caranya kita tahu kalo si dia punya komitmen bertumbuh dalam iman?
Gampang aja ini mah, salah satu caranya adalah dengan memberikan sedikit test kepada si wanita itu (cowo suka ngetees loh, gw apalagi hahahahaha)
gw dulu pernah iseng-iseng nanya sama seorang wanita, cantik, berbakat, masa depan cerah kayaknya, berpengetahuan luas trus gw tanya 
1. "kamu biasanya kalo gereja dimana?" | dijawab "tergantung sih, biasanya kalo temen-temen ngajak ke gereja A ya ke A kalo ke B ya ke gereja B" banyak juga yang jawab "tergantung mood", "kalo bangun pagi ya ke gereja A, kalo bangun siang ya gereja B ajah biar deket kosan"
2. "dulu dibaptis yang baptis cowo apa cewe pendetanya?" | dijawab: "wah lupa lah, orang dulu waktu masih bayi dibaptisnya"
3. "kalo disuruh pilih, temenin mama dirumah lagi ga enak badan, belajar untuk ujian, atau pergi kegereja untuk pelayanan kamu pilih mana?" | yang ini ga ada yang jawab sob keburu pingsan duluan dia hahahahahahaha

Pertanyaan yang simple-simple ajasih, gw ga nyampe nanya-nanya tentang ayat Alkitab yang berkata bla bla bla itu dimana yah atau nanya tentang bahasa aslinya Iman apa ya atau pertanyaan-pertanyaan teologis lainnya. Dengan pertanyaan simple biasanya lebih terlihat kalo wanita itu bener-bener sudah pernah lahir baru dan berkomitmen bertumbuh, jawabannya pasti dan berbobot sekalipun gw nanyanya sambil becanda :)
Untuk memiliki komitmen memang sulit, dibutuhkan usaha keras serta kemauan "gila" untuk berjuang dalam kesetiaan, tapi bisa kok buktinya banyak kok disekitar kita.. Pastikan doi diatas atau sama dengan 70% kadar kecintaannya kepada Tuhan. Jangan gara-gara dia cantik doang sob, yang namanya kecantikan wajah mah umur 30 juga mulai usang tapi komitmen bertumbuh itu abadi sampe dia mati :)

2. Memiliki Visi Hidup Menyenangan Hati Tuhan
Visi hidup menyenangkan Tuhan bukan berarti si dia harus hamba Tuhan (Pendeta, aktivis gereja, dst) tapi ini sangat mengacu pada bagaimana dia memiliki gairah hidup masa depan yang berpadanan dengan Kebenaran Firman Tuhan.

Contoh nih ya, gw adalah seorang programmer terkenal dan terpandai se-Jakarta Raya (amen) lalu berkerinduan untuk membuatkan sebuah program bagi pemerintah daerah DKI Jakarta dalam rangka penanggulangan macet caranya dengan mendesign sebuah program terkomputerisasi untuk penjadwalan pintu otomatis ruas tol contra flow.. Karna pasti ini project bakal booming banget maka gw jual itu program seharga rumah 10 tingkat lengkap dengan permaisurinya.  huehuehue
Awalnya sih telihat mulia, bukan? Pengen bantu mengatasi kemacetan, tapi ujung-ujungnya adalah kepentingan diri sendiri hahaha sangat tidak berpadanan dengan Kebenaran Firman Tuhan. Maka, jangan pilih saya sebagai pasangan hidup mu. bahahahaha
Pastikan visi hidupnya menyenangkan hati Tuhan sob, 70% saja dulu ntar boleh nambah kok.

Oiya, hamba Tuhan (Pendeta) tidak menjamin dia adalah seorang yang mengasihi Tuhan, so jangan terkecoh dalam point ini. BeWARE!!! Kenali dia dengan benar sekalipun dia adalah pekerjaNya, ini ga bermaksud menjatuhkan Image Hamba Tuhan loh ya karena gw sendiri pun adalah pekerja di ladangNya (asekkk).
Pastikan juga tujuan hidupnya selalu mendatangkan pujian bagi nama TUHAN kita..

3. Seseorang Yang  Memiliki Kedewasaan dan Tanggung Jawab  Kehidupan Pribadi
Ayo siapa yang mau punya pasangan alias menikah dengan anak kecil? hihihi
Silakan berimajinasi!
Kedewasaan yang dimaksud bukan hanya kedewasaan secara rohani saja, namun kedewasaan mengambil sebuah keputusan, kedewasaan berpikir, kedewasaan berkata-kata, kedewasaan mengendalikan emosi, dsb.
Kedewasaan ga bisa diukur dari umur saja, gw rada bahagia kalo denger statement tsb. Fyi, di kantor gw jadi yang paling muda secara usia dari yang lainnya, di komsel gw juga jadi yang termuda secara usia, di ProM juga kayanya gw paling muda deh kalo pun ada yang muda secara usia paling juga setahun dibawah gw. Cuma gw bersyukur bisa berkumpul dengan orang-orang tua maksud gw berkumpul dengan orang-orang dewasa secara usia, karna gw bisa curi mereka punya pengalaman hidup yang dapat gw jadiin pelajaran dalam menjalani hidup gw secara pribadi walaupun beberapa orang diluar sana mungkin terlalu banyak yang memandang sebelah mata orang muda tapi gw tetep berusaha untuk terus dewasa dalam sikap, perkataan, keputusan, emosi dll..
"Ketika aku kanak-kanak, aku berkata-kata seperti kanak-kanak, aku merasa seperti kanak-kanak, aku berpikir seperti kanak-kanak. Sekarang sesudah aku menjadi dewasa, aku meninggalkan sifat kanak-kanak itu"
Hamba Tuhan sekalipun pernah memandang gw sebelah mata, ya menyakitkan memang tapi itu menjadi motivasi buat gw untuk terus bertumbuh semakin mantap agar ketika orang lain dekat dengan saya mereka bisa rasakan buah kedewasaan rohani yang Tuhan berikan buat saya. (cieeeeh dewasa sekali, cenderung tua bahkan hahahaha)
Halah malah jadi curhat...
"Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda ....."
Balik lagi ke kriteria tadi, bagaimana caranya kita tahu kalo si dia itu dewasa?
Lagi-lagi gw ngajak kita semua untuk memulai dari hal yang paling simple, belajar dari pengalaman juga sih. 
1. Menilai seorang wanita dari pelit atau tidaknya dia. Sorry salah, maksud gw hemat bukan pelit ya hahahaa 
Pertanyaan simple yang sering gw ajukan adalah "Kamu kok pelit banget sih jadi orang?"Jika dia menjawab "iihh apaan sih kamu (dengan malu-malu) mending pastikan lagi dan doakan lagi hahahahaha"
Gw sih belajar dari nyokap, doi hematnya setengah hidup bahkan cenderung pelit kalo menurut gw sekeluarga hahaha tapi dibalik hemat setengah hidupnya itu gw baru tahu ternyata dia punya resolusi yang besar banget bagi kami anak-anaknya. Makanya cewe-cewe, hemat jangan jalan mulu hahahaha Gw juga masih terus sama-sama belajar sih untuk hal yang satu ini :)
2. Dapatkah ia memperlakukanmu sebagai wanita/pria dengan baik dan menempatkan dirinya sebagaimana ia adanya sebagai pria/wanita bagi kamu? Ngertilah yah yang ini mah..

4. Seseorang yang memiliki Gambar Diri yang sehat dan dipulihkan oleh kasih Kristus
Point yang ini sih simplenya lihat apakah "inceran" lu tadi cinta sama dirinya sendiri apa ngga. Cara lihatnya gimana?
1. (Lagi-lagi pake pertanyaan simple) Situasi: Si cewe baru pulang kerja jam 10pm. Tanyain ajah, kamu ga mandi nih malem-malem gini? bau loh hahaha|kalo dia jawab "ini baru mau mandi" Mending cari yang lain deh.. hahahaha Cuci muka, cuci kaki, dan sikat gigi rasanya lebih masuk akal dari pada harus mandi malem, toh juga tinggal molor dan pagi nanti mandi lagi untuk berangkat kerja kan? Jorok? ngga ah, hanya berusaha menjaga kesehatan tulang dan gigi hihihi :D
2. Pastikan si dia tidak sedang terlibat dalam hal-hal yang jelas-jelas menghancurkan masa depannya. Contoh: free-sex, narkoba, rokok, etc.. Itu sih jelaslah ya, gambar dirinya belum sehat dan pulih wong masih rusak. Tapi terserah juga sih, siapa tau ada cewe-cewe yang pengen punya suami pemabuk, who knows?
Satu contoh lagi, pastikan si dia itu orang nya PERCAYA DIRi.. Salah satu bukti kalo seseorang sudah dipulihkan gambar dirinya adalah ketika dia bisa tampil percaya diri dimanapun dia berada, kalo orang yang gambar dirinya udah pulih mah ga akan pernah lagi bilang "iya nih gendut banget gw, rasanya mau bunuh diri deh." atau "kok idung gw gede banget yah, gw operasi plastik aja kali yah biar kaya cewe/cowo Korea" atau "gw tuh cuma designer sob, skill pas-pas-an gimana mau maju" atau yang lain-lainnya deh. Sekali lagi, pastikan dia punya gambar diri sehat dan dipulihkan minimal 70%.

5. Integritas
"Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar" Lukas 16: 10
Integritas, bahasa betawinye itu kejujuran.
Kejujuran adalah harta yang langka saat-saat ini, banyak orang memakai topeng yang indah tetapi keberadaannya yang sesungguhnya adalah buruk “rupa”. Untuk mengenali kejujuran ini sangat membutuhkan waktu yang cukup, lihatlah bagaimana seseorang suka mencari alasan atau dia selalu terbuka dan menerima kritik dari sesamanya. 
Orang yang suka mencari alasan adalah orang yang tidak mau jujur dengan dirinya sendiri, terlebih lagi sulit tentunya dia akan jujur pada kita. Dan berhati-hatilah dengan orang “gombal”!! hahahahaha
Bermulut manis tidaklah salah, tapi perkataannya yang manis perlu dibuktikan oleh faktanya. Gw belajar hal ini menghabiskan banyak waktu dan sampai saat ini, baik sadar atau tidak banyak perkataan dan perbuatan kita seringkali tidak singkron, dan kejujuran ini perlu dijadikan perhatian khusus bagi kita semua.
Sampai saat ini pun gw suka berkata-kata yang manis-manis (cewe-cewe bilang gombal) padahal sungguhan deh itu keluar tulus bener-bener dari hati hahahaha 
Misalkan, lagi digereja dan duduk disamping temen cewe lalu ada singer atau pemain saxophone yang jago banget nyanyi dan main saxophone trus tiba-tiba terucap kata-kata  berkat "wah udah cantik, anak Tuhan, jago nyanyi pulak.. Kamu banget deh" | masa kek gitu doang gombal, si cewe aje yang kegeeran huahahahahahhaha
Just joking bro sis, intinya adalah pastikan si dia punya sikap jujur dimana pun dia berada..
Inget minimal 70%. :)

6. Seseorang Yang Memiliki Sikap Hidup Positif

Tidak mungkin kita akan betah tinggal dengan orang yang suka “ngomel” dan mengeluh, sedikit hal yang menjengkelkan saja sudah dikomentari dengan panjang lebar.
Gw sering banget lihat di timeline twitter ada beberapa orang yang memang hobinya ngetwit sesuatu yang sifatnya complain. Handphone ketinggalan dirumah misalkan atau dompet ketinggalan dirumah pasti di publish ke publik. Bisa bayangin dong kalo ntar punya pasangan kek gitu, lagi ada masalah suami istri malah di share di socmed.. Egois, berasa twitter milik sendiri, hadeuhh kagak dah. hahaha
Somehow suatu saat kalau kamu lagi “bokek/sakit, dst…” maka siap-siaplah dia tidak akan betah lagi bersamamu dan akan segera meninggalkan dan melupakanmu! Karena orang yang tidak memiliki sikap hidup positif termasuk karakter dan perilaku yang negatif adalah orang yang egois!
Satu contoh lagi, dulu pas jaman-jaman masih sangat muda (walaupun sekarang tetap muda) gw pernah nemuin orang yang bener-bener aneh, anehnya adalah selalu aja berpikiran negatif sama orang lain. Misal, sms ga dibales setengah jam langsung dikira aneh-aneh, telpon ga diangkat langsung mikir aneh-aneh. (dulu gw pernah kayak gini soalnya hahahaha)
Salah satu kunci sukses adalah berpikir serba mungkin. Pikiran positif akan mengarahkan kita pada berbagai pencapaian yang terukur dan terencana - Mario Teler 
Oiya satu lagi, orang yang berpikiran positif pasti  hidupnya penuh sukacita, suka ketawa, suka becanda, jarang marah, dan kalo marah ga berbuat dosa :D
Ayo pastikan si dia memiliki sikap hidup positif > 70% hehehe


7. Seseorang Yang Memiliki “Chemistry” Perasaan Jatuh Cinta Pada Anda Juga 
Air yang banyak tak mampu memadamkan cinta, dan banjir tak dapat menghanyutkannya. Jika seorang memberi segala hartanya untuk membeli cinta, pasti hanya penghinaan yang didapatnya. - Kidung Agung 8: 7
Kalo baca kidung agung suka cengar-cengir deh, seru sendiri hahaha
Point yang ke tujuh ini penting banget, harus ada listrik yang nyetrum antara kita dan si dia. Ya iya dong, pernikahan tanpa setruman katanya ga seru (blm pernah ngerasain soalnya). Tapi minimal dulu dari jaman SMA udah pernahlah main setrum-setruman alias tepe tepe hahahaha
Point yang terakhir ini mah ga perlu penjelasan lebih detail lah yah, pasti pada paham dong.

Zaman ini juga bukan zaman siti nurbaya lagi, suatu ikatan cinta tidak bisa tidak dilandaskan oleh cinta (daya tarik/setruman). Daya tarik inilah yang akhirnya membawa 2 insan “yang saling terpaut dalam cinta” kepada suatu hubungan yang indah. Tapi gw perlu tekankan, bahwa Chemistry bukan satu-satunya yang diandalkan akan tetapi bukan berarti meremehkan hal ini. Karena Makhluk hidup lain (alias binatang) pun berdasarkan daya tarik tentunya, tapi yang membedakan kita dengan mereka adalah 6 point sebelumnya.. 
Tapi bagi kamu yang memaksakan cinta itu untuk tumbuh hanya dasar pertimbangan logis semata, maka siap-siap juga suatu saat ketika aspek-aspek dalam pertimbangan logismu yang sebelumnya telah tidak kamu temukan lagi maka cinta karbitanmu itupun sangat tidak kuat untuk menopang hubungan kalian.. *Asekkkk*
Pastikan juga tegangan setruman antara kita dan si dia sama besar voltage nya. Harus seimbang satu dengan yang lain, yang cewe ga boleh terlalu tinggi cowo juga gitu :)


Kenapa gw setuju dengan 7 Checklists ini? Karna bagi gw, ketujuh point itu sudah cukup mencakup hampir dari 100 kriteria mulai dari secara fisik, rohani, pekerjaan, tanggung jawab, kedewasaan dan lain-lain.


Sekali lagi ini adalah pengajaran, boleh diterima boleh juga ngga. Bahasa Italy nya Sakarep mu ae.. Intinya, pastikan ketika akan memulai hal tersebut kita memilih orang yang tepat dan sesuai dengan kerinduan dan kehendak Tuhan :)
Kehendak Tuhan, keputusanku..
God Bless!


13 komentar:

Alphaomega Pulcherima Rambang said...

bolehlah boleh.....seru juga 7 checklistnya, hehehehe. Bisa nih dipake buat bahan ujian ^^V Thank's 4 the share Frits...

frits said...

bahahaha ujian akhir semester yah :p

Alphaomega Pulcherima Rambang said...

iyoooo...:p

Pada 20 Juli 2012 07:53, Disqus menulis:

Naomi Gracia A.K.A Vina Cahyon said...

nice posting,, so blessed :)

frits said...

:)

ester said...

Mantap bg. . .
kalau ada lagi yg baru share ya . . .:D
hhahahha,

frits said...

apanya yang baru? pacarnya?
hahahahaha
sipp sipp :)

ester said...

Pengajaran yang baru lagi lah bg, d share lg biar sama2 belajar. . .
tp klu itu pun boleh lah, biar ada makan2...
hhaahaha..

Melisa said...

Numpang share ya frits..:D
GBU

Alphaomega Pulcherima Rambang said...

Hey,

I have created a Netlog profile with my pictures, videos, blogs and events and I want to add you as a friend so you can see it. You first need to register on Netlog! When you log in, you can create your own profile.
Take a look: http://en.netlog.com/go/mailurl/-bT0zMTgyMzM2ODUxJmw9MSZnbT0xMiZ1PSUyRmdvJTJGcmVnaXN0ZXIlMkZpZCUzRC1ibTkwYVdaNUxUUmtPVGhtT1RVMkxXUXlNRFV0TVRGbE1TMDVaREJqTFRBd016QTBPR013TjJZNE9FQmthWE54ZFhNdWJtVjAlMjZ1aWQlM0QxNTU0ODgyNzM_
Cheers,
alphaomega pulcherima

----------------------------------------------------------------
Don't want to receive invitations from your friends anymore? http://en.netlog.com/go/mailurl/-bT0zMTgyMzM2ODUxJmw9MiZnbT0xMiZ1PSUyRmdvJTJGbm9tYWlscyUyRmludml0ZSUyRmVtYWlsJTNELWJtOTBhV1o1TFRSa09UaG1PVFUyTFdReU1EVXRNVEZsTVMwNVpEQmpMVEF3TXpBME9HTXdOMlk0T0VCa2FYTnhkWE11Ym1WMCUyNmNvZGUlM0QwOTQzNTg1Nw__

Lasma Frida said...

Waaahhh..Nice!! Biasanya liat cewe yang nulis beginian. Nemu versi cowonya jadi bisa liat dari sisi lain soal kriteria calon PH. Nice...nice! Patut dicontoh!! Biar ga seradak seruduk waktu cari PH.

ulysitorus said...

bagus frits. kan jadi tau pandangan cowok itu gmn dgn pasangan hidup :D.

windy said...

udah dapet om yang menyerupai poin-poin ini? nyahaha

Post a Comment

 
Design by Frits Hendrico Tarihoran | Bloggerized by fritshendrico - Premium Blogger Themes | Revivalist, History Maker