Monday, April 16, 2012

Setia !!

KUIS:
Temukan nama-nama pahlawan iman dengan petunjuk di bawah ini:
DAUD      MUSA     NUH     ISHAK     HENOKH     ABRAHAM    GIDEON     YAKUB     SIMSON     YUSUF     HABEL   FRITS
D    X    V    S    I     M    S    O    N    V    H   S  A
F    A    W  Q    G    G    H    N    M   G    E   A    B
A    M    U   S    A    B     I    C    U    Z    N    Z   R
X    A    V    D    H   Q    F    D    D    H    O   W   A
Q    F    K    L    T    E    U    Z    E    Q    K    Q   H
I     S    H    A    K    X    S    A    Z    O    H   A   A
C    Z    X    A    E    Z    U    S    Q    S    N    Q  M
H    A    B    E    L    X    Y    A    K    U    B    Z   X

F    R    I     T    S    V    B    S    H    P    L    L   O

1. Siapakah diatara orang-orang diatas yang menurut kamu punya kesetiaan yang paling kuat?
Jawabannya adalah: Frits hahahahaha AMENNNNNNNNNNNN sodaraaaa..

Jadi hari-hari ini tuh saya benar-benar diajar Tuhan dengan apa yang namanya setia. Sungguhan, dari hari senin lalu sampe hari sabtu semua bahan sate isinya tentang kesetiaan, temen-temen blogger postingannya tentang kesetiaan, baca-baca artikel dapetnya tentang setia juga. Bahkan hari minggu kemarin waktu ibadah Firmannya pun tentang kesetiaan lagi.. 
Sempet heran sih, ini opo seh Tuhan maunya.. Kok ngebet banget ngajarin gw tentang kesetiaan. Cara Tuhan itu heran sekali sodara, bagi saya bener-bener jelas TY itu ngebet banget ngajari saya akan yang namanya KESETIAAN hari-hari ini. Memang ada kaitannya juga sih sama sikap saya yang minggu-minggu ini agak bandel pengen coba-coba sesuatu yang baru dan yang mungkin menurut Tuhan belum waktunya saya memikirkan hal tersebut. Nanti dibawah saya share beberapa ke-sotoy-an saya yang nyoba-nyoba ga setia sama tugas dan panggilan yang TY percayakan ke saya saat ini.

Nah pertama-tama, seperti apakah orang setia itu?
a. orang yang ga pernah selingkuh (betul)
b. orang yang konsisten dengan apa yang dia pilih (betul)
c. orang yang dipercaya karena dia bertanggung-jawab (betul) 
d. orang yang kuat pada prinsipnya (betul)
e. orang yang ga plin-plan (betul)
Apalagi coy? Silakan deskripsikan sendirilah ya :)

Apakah yang dimaksud dengan “setia”? Setia berarti dapat dipercaya. Allah itu setia. Artinya, Dia adalah Allah yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan. Dia senantiasa memegang dan menepati janji-Nya. Setiap firman yang diucapkan-Nya pasti digenapi. Karena itu, kita tak perlu ragu atau kuatir akan penggenapan janji Allah dalam hidup kita. Kita dapat dengan tenang bersandar kepada-Nya dan mempercayai kesetiaan-Nya yang tak pernah berakhir.

Kalo menurut Alkitab, Setia merupakan tabiat Allah kita.. Tabiat artinya sifat-sifat yang memang sudah dan akan terus mendarah daging dalam diriNya.
Sebab itu haruslah kauketahui, bahwa TUHAN, Allahmu, Dialah Allah, Allah yang setia, yang memegang perjanjian dan kasih setia-Nya terhadap orang yang kasih kepada-Nya dan berpegang pada perintah-Nya, sampai kepada beribu-ribu keturunan. (Ulangan 7:9)
Ada lagi neh:
Allah, yang memanggil kamu kepada persekutuan dengan Anak-Nya Yesus Kristus, Tuhan kita, adalah setia. (1 Korintus 1:9)

Selain itu, Alkitab juga menyatakan bahwa kesetiaan Allah itu sangat besar. Kesetiaan-Nya tak pernah berakhir. Kesetiaan-Nya juga tak bergantung pada kesetiaan manusia.
Ya TUHAN, kasih-Mu sampai ke langit, setia-Mu sampai ke awan. (Mazmur 36:6)
Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu! (Ratapan 3:22-23)
jika kita tidak setia, Dia tetap setia, karena Dia tidak dapat menyangkal diri-Nya. (2 Timotius 2:13)

Hari minggu kemarin sepulang dari gereja ada yang berbeda dengan Central Park, yang biasanya ga terlalu rame tiba-tiba penuh bener-bener penuh sama mahluk hidup. Yap kenapa saya bilang mahluk hidup? Karna ga cuma ada manusia, pepohonan, rerumputan doang hari itu ada yang beda sodara, ada banyak anjing-anjing lucu. Ternyata minggu itu ada event dog adoption gitu disana, ibaratnya kemaren itu ajang kopdar-nya para gukguk lah hahaha. Bener-bener penuh, bener-bener padat, bener-bener lucu anjing-anjingnya, pokoknya waw deh.
Tapi ada 1 hal yang membekas dihati saya, ada kaitannya dengan postingan saya kali ini sih yaitu tentang kesetiaan.
Dari segitu banyaknya anjing cowo dan anjing cewe ga ada 1 pun dari antara mereka yang tiba-tiba ngamuk and pengen lari dari pelukan majikannya, biasanya kan manusia gitu toh padahal sudah punya sesuatu ditangannya trus tiba-tiba lihat "yang lebih baik" didepannya lalu menoneh ke lain hati. Nah anjing-anjing kemarin tuh ngga, ga tau deh dikasih makan apa sama yang punya mereka semua nurut sama boss nya, ga ada yang menunjukkan tanda-tanda jatuh hati ke guguk lain, ga ada tanda-tanda salah satu dari mereka saling jatuh cinta kepada guguk yang lain, ga kelihatan kalo anjing-anjing itu hewan yang ga punya pikiran seperti manusia, pada pinter-pinter semua hahaha
Jadi inget hatchiko, setia sampai majikannya mati :')

Lalu, apa saja yang TY ajarkan kepada saya tentang kesetiaan?


1. Setia mengbdi hanya kepada-Nya.


"Seorang hamba tidak dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon." (Lukas 16:13)
Kita adalah hamba Allah. Jadi kita hanya mengabdi kepada Allah Yang Esa. Ini penting nih coy, berapa banyak dari kita yang mulai "menuhankan" twitter kita? berapa banyak yang mulai "menuhankan" iPad kita? berapa banyak yang mulai "menuhankan" pacar kita? berapa banyak yang mulai "menuhankan" game online? Saya adalah orang yang sangat mencintai sesuatu hal yang menjadi hasil kerja keras saya, misalkan udah latihan nyanyi dari TK nih dan akhirnya bisa rekaman nah saya itu bakalan cinta mati sama CD atau kaset album kompilasi itu, bisa-bisa tiap saat didengerin sampe-sampe bisa lupa segala-galanya. Ayo, refleksi nih apakah game online membuatmu makin jauh dari Nya? apakah shopping mall membuatmu kehilangan waktu-waktu intim denganNya? apakah pekerjaan kantor mu membuatmu lupa akan "pekerjaan rumah Tuhan?"
2. Setia mejalankan tugas yang Allah berikan kepada kita. 
"Siapakah hamba yang setia dan bijaksana, yang diangkat oleh tuannya atas orang-orangnya untuk memberikan mereka makanan pada waktunya? Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang." (Matius 24:45-46)
Kita harus setia dalam menjalankan tugas yang diberikan Allah kepada kita. Bagaimana caranya? Jika kamu sudah bekerja, lakukan segala pekerjaan mu dengan sungguh-sungguh, jika kamu sedang duduk dibangku perguruan tinggi, kerjakan tugas akhir mu dengan luar biasa, jika kamu sedang dibangku sekolah, jangan bolos apalagi melawan guru dan orang tua dll dll dll. As simple as that, gampang sih (teorinya) ngelakuinnya bukan main coy hehe
Point ini kena banget nih buat saya, jadi minggu kemarin itu adalah minggu-minggu dimana kesetiaan saya kepada pekerjaan sedang diuji. Jadi kondisinya, kerjaan lagi acakadut banget, lagi banyak error, lagi bosan sama pekerjaan, lagi sering ga konsentrasi, pokoknya lagi ga mencintai pekerjaanlah. Nah disaat yang sama iblis mulai masuk menggoda saya dengan cara menawarkan pekerjaan lain. Akhirnya mulai lirik-lirik kanan kiri, lihat sana lihat sini, mulai membandingkan salary-nya lebih gede neh, kerjaannya lebih menantang neh, ahh banyaklah... Intinya galau karena pekerjaan, haha lucu ya galaunya gw yang buat sendiri soalnya ckckck akhirnya TY bener-bener "toyor" saya lewat sate senin sampe sabtu tentang kesetiaan (saya yakin ini ga kebetulan kenapa 1 minggu kok tentang kesetiaan semua) lalu lewat pemimpin juga dia mengingatkan akan betapa pentingnya setia terhadap panggilan Tuhan saat ini. Puncaknya itu waktu hari selasa minggu lalu, saya bener-bener penat dan akhirnya bandel mau "kabur" dari panggilan saya sekarang alias nyari kerjaan baru, hari itu udah buat janji sama salah satu perusahaan di Jakarta-kalo dilihat sih emang lebih mantaplah kalo bisa masuk kesana tapiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii TY bilang NO!!!! Singkat cerita, akhirnya saya ga lolos dan ga dapet tuh kerjaan, sebenernya saya udah tau pasti ga akan dapet karna beberapa kali ada penggenapan Firmannya kalo saya mesti setia dulu sama kerjaan yang sekarang, sedih sih tapi sebentar karna lagi-lagi TY ngingetin untuk setia setia dan setia.. "Ditoyor" Tuhan itu sakit-sakit enak sob, sakitnya ya agak kecewa lah karna apa yang kita mau belum dikasih Tuhan tapi enaknya waktu denger janji Tuhan akan apa yang nanti kita dapat setelah kesetiaan kita teruji.
Mungkin ada teman-teman pembaca yang lagi galau juga, ayo dengerin kata TY, yakin deh saat kita setia sama panggilannya pasti ada sesuatu yang besar yang sedang dia siapkan buat kita. Saya pun begitu, akhirnya yoweslah melapangkan dada dan nunduk wae sama mau ne si Abba, biarpun kerjaan diluar sana lebih menantang atau lebih enak, saya mau tunggu penggenapan janjiNya disini dulu :) ampun Gusti, ndak mau ngoyo lagi deh..hihi
3. Setia membayar harga
Wah yang ini lebih sakit lagi prosesnya coy, dan masih terus berlangsung hingga hari ini :') Jadi, saya sedang diajar Tuhan untuk setia dan tetap konsiten membayar harga lebih mahal dari yang biasanya, memberikan usaha lebih dari biasanya, memberikan hati lebih dari biasanya. Pergumulan ku tentang komunitas yang saya pernah posting disini akhirnya TY jawab sedikit demi sedikit. Singkat cerita akhirnya Tuhan kasih komunitas buat saya but ada buanyak sekali tapinya, saya harus rela menghabiskan jarak kira-kira 40 km tiap minggu kalo mau ke gereja, saya harus rela menghabiskan waktu kira-kira 2.5 PP untuk berangkat dan pulang dari gereja hanya untuk bermacet ria dijalanan Ibu kota yang ga kenal kompromi ini, saya harus rela kehilangan hari minggu tanpa menonton "One Stop Football on Sunday " yang notabene nya selalu saya tonton tiap hari minggu. Ah banyak sob, berat memang cuma lagi-lagi TY mengajarkan supaya saya setia sama apa yang ada pada saya hari ini. :)
4. Setia terhadap perkataan
Terkait dengan komunitas tadi, saya bener-bener diajar Tuhan untuk setia sama perkataan yang saya janjikan kepadaNya. Pasalnya, waktu bergumul sepulang dari Bandung itu saya janji sama Tuhan begini"Abba, kalo Tuhan kasih komunitas, bodo amat mau dimanapun gw jabanin deh, mau sejauh apapun gw jabanin Tuhan, asalkan aku punya komunitas".. Nah bener aja saya dikasih komunitas yang jaraknya kata orang sih jauh baget dari rumah, ya mau gimana lagi wong udah janji sama Dia, eh tapi bukan berarti saya menyesal dengan apa yang udah saya janjikan kepada Tuhan loh ya, Tuhan ngingetin saya untuk setia sama perkataan pas dapet ayat ini:
"Saksi yang setia tidak berbohong, tetapi siapa menyembur-nyemburkan kebohongan, adalah saksi dusta." (Amsal 14:5) 
Plokkkk!!! Rasanya itu kaya digaplok pas baca ayat itu.. Tapi ayat itu bener-bener nguatin banget, mana ada saksi dusta yang masuk kerajaan Sorga, yang ada masuk neraka sob.. Maka dari itu, mungkin diantara kita ada yang pernah menjanjikan atau menazarkan sesuatu kepada Tuhan? ayoo jangan main-main loh, Tuhan nyatet semuanya.. Jangan sampai nanti pas ditagih kita lupa dan akhirnya kita disebut saksi dusta. Maka, setialah dengan apa yang kau ucapkan!
5. Setia pada pelayanan
Beberapa hari yang lalu saya sangat sedih membaca sms dari salah satu adik mentor saya waktu dikampus dulu (sbut saya Evan haha), Dia sedang bergumul tentang adik mentornya diBandung. Evan punya 4 orang adik mentor dan hanya 1 yang benar-benar punya hati untuk Tuhan saat ini. Sedih baca smsnya karna ternyata Evan seperti dipandang sebelah mata oleh adik mentornya, mereka merasa Evan ini terlalu baik, Emang baik banget sih adik ku ini, Dia ga pernah marah walaupun adik2nya ingkar janji, Waktu paskah dia ngajak ke-4 adik mentornya untuk kegereja bareng dan singkat cerita akhirnya ke-empat adik mentornya ini mau dan bersedia untuk gereja pagi, Evan begitu bersemangat dan antusias menantikan kedatangan adik-adik mentornya tapi apa yang dia dapat? Dia bilang adik mentornya ga ada yang dateng bahkan untuk bales sms pun ga ada.. Saya tahu betapa hancur perasaan si Evan waktu itu, udah seneng-seneng pengen gereja bareng eh malah sendirian dan telat pulakk karna menunggu yang tak kunjung datang, sedih banget pasti :') ibarat udah mau dibeliin mobil baru sama bokap ternyata ga jadi dibeliin hadeuhh...
Mungkin ada beberapa dari kita yang sedang patah hati, sedang kecewa dengan rekan pelayanan, sedang padam api, sedang turun semangat melayaninya, tapi inget deh satu janji Tuhan buat kita pelayan-pelayannya "JERIH PAYAH MU TIDAK AKAN PERNAH KEMBALI DENGAN SIA-SIA" ga percaya? ada ayatnya:
Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia. (1 Korintus 15:58)
Saat apimu mulai padam, saat kesetiaan mu mulai berkurang kadarnya, saat ujian akan kesetiaan terasa begitu berat, coba ingat-ingat lagi moment disaat pertama kali kamu jatuh cinta pada Tuhan Yesus, CINTA MULA-MULA yap CINTA MULA-MULA sangat penting bagi kita yang mulai padam. Saya merasa menjadi orang paling berutung waktu satu minggu kemarin Tuhan ingatkan full 1 minggu penuh dapet sate tentang kesetian, mungkin kalo ga di "toyor" selama satu minggu saya mulai berpaling kelain hati kali ya.. Tuhan itu baik sob, yang penting setia ajah yakin deh semuanya udah disediakan buat kita.. :)
Yuk setia yuk.. :) Oiya jangan lupa, dicobain quis yang diatas itu yah hehehe
-FHT- #HistoryMaker



4 komentar:

Dhieta said...

Wkwkwk, dicobain ngga yaaah kuisnya :P

Sepertinya hari2mu pada dengan pengajaran yah, Frits. Semangat! Allah menghajar orang yang dikasihiNya, dengan kata lain, Allah menoyor Frits yang dikasihiNya. Hehehe...

Aku juga belajar banyak dari postinganmu kali ini.
:)

Anonymous said...

Thanks GOD..
Nice Frits..!
Gak sengaja buka blog-mu... n bersyukur bgt udah ngebuka blog ini..

Mksh bnyk Frits...

frits hendrico said...

ahahha iya dong kak, tiada hari tanpa pengajaran ahasek :p
Ayo setia, setia menanti si itu ya? hahah keppo :D

Dicobain dong kak biar senyum2 pas ketemu kata "frits" haha

frits hendrico said...

Halo Anonimous, wah curang ga ninggalin jejak.. Minimal nama kek, initial kek :D
Iyo sama2 ya hihi

Post a Comment

 
Design by Frits Hendrico Tarihoran | Bloggerized by fritshendrico - Premium Blogger Themes | Revivalist, History Maker