Tuesday, August 20, 2013

Commuter-Line







Siapa yang ga pernah lihat moda transportasi diatas?
Kalo ga pernah lihat sih ya gue kasih tau itu namanya Kereta Api Listrik, ga pake api lagi sih tapi udah pake listrik sekarang.. hahaha
Jadi kemarin itu gue nyobain berangkat ke kantor dengan transportasi umum, pertama kepikiran untuk naik omprengan (kendaraan pribadi yang nyamar jadi angkot), trus kepikiran juga untuk naik Transjakarta cuma karena rumah gue di ujung banget dan tidak terjangkau Transjakarta maka niat tadi batal terlaksana, sempet juga kepikiran naik angkot biasa tapi kalo dipikir-pikir bisa after lunch baru sampe kantor karena angkot 'nge-tem', jalanan macet dan lain sebagainya.

Akhirnya setelah pertimbangan yang matang, pilihan jatuh kepada Commuter-line..
Sekedar mau share sedikit bagaimana sebenarnya keadaan didalem kereta waktu jam-jam sibuk, seru loh ternyata naik kereta.. hehe
Sebenernya ga kepengen sih naik angkutan umum, kemarin naik kereta karena gue melanggar sebuah komitmen yang gue buat sendiri. Jadi ceritanya beberapa minggu yang lalu itu gue pengen kontrol berat badan, just realize ternyata waktu gue ngaca nih badan kok agak bengkak disemua bagian kemudian munculah sebuah gagasan untuk mengatur pola makan.
Awalnya sih gue bodo amat, ya pikir gue kan masih muda ini kan ntar olah-raga juga bisa kurus lagi :)) cuma ada satu orang yang bikin gue sadar sama cara gue makan. Waktu itu dia ngeliat gimana cara gue makan dan ga tau kenapa dia kaget sampai hampir pingsan hahahaha lebay.. Intinya, dia super kaget pas lihat porsi makan gue, kebetulan dia ngeliat gue makan ketika kondisi perut sangat memprihatinkan alias kosong seperti jalanan ibu-kota ketika liburan lebaran kemarin :))
Pas dia ngeliat gue makan super banyak, dia cuma bengong sambil bilang:
Tubuh mu itu Bait Allah loh, bukan tong sampah!
Ntah kenapa pas dia bilang gitu seketika kaya diingetin sama Babeh, jujur sih kalo lagi kelaperan emang nafsu makan gue susah dikontrol. Masih susah menang dalam area yang satu ini, pengendalian diri yap pengendalian diri atas makanan :))
Kedengerannya lucu sih emang tapi buat gue ini emang satu masalah karena beberapa kali udah mulai kehilangan damai sejahtera atas badan gue sendiri. Contohnya pas lagi main futsal, yang biasanya main 1 jam kuat lari kenceng karena badan semakin luas performa gue dilapangan jadi turun dan jadi bete sendiri. Ya itu cuma salah satu contoh, dan masih banyak lagi..
Dari situ gue mulai mikir untuk jaga gue punya pola makan, sebenernya pola nya sih udah manteplah cuma porsi nya kadang masih suka mirip-mirip kuli bangunan katanya hahaha
Berlatar-belakang itu lah tercipta beberapa komitmen:
1. Makan pagi nasi 1, siang 1, malem WAJIB cuma 1/2 porsi
2. Makan daging dan segala jenis makanan berkuah santan maksimal 3x seminggu, (almost everyday makan kuah-kuah-an soalnya)
3. Cemilan cuma boleh hari Senin, Rabu, dan Jumat 
4. Kopi satu hari HANYA 1 cangkir, seminggu maksimal 4 cangkir. (sebelumnya kuat satu hari 6 bungkus kopi)
5. Minum air putih minimal 6 gelas 1 hari


Konsekuensi:

Kalo 1 minggu melanggar salah satu point diatas maka diminggu berikutnya HARUS ada 1 hari ke kantor ga naik mobil alias WAJIB naik kendaraan umum.
Ya berhubung gue pernah ngelanggar, maka gue harus nurut sama komitmen tadi sih yah.. That's why ogut mau rela dempet-dempet-an sama ribuan penumpang commuter-line pagi dan sore kemarin :D

Kemarin gue berangkat dari rumah pukul 6.15 sampe stasiun jam 6.25 kira-kira, kemudian nunggu kereta beberapa menit dan 7.05 akhirnya baru bisa naik.

Keadaan di kereta:
1. Panas,   
Ekspektasi gue itu kereta kan harusnya pake AC cuma pas tadi pagi ternyata cuma angin kayanya freon nya abis atau kepenuhan orang jadi panas gataulah heheheh
2. Sempit, 
Tadi untuk bisa masuk kereta aja musti didorong-dorong sama orang. Gimana yah cara jelasinnya, saking penuhnya sampe ga terlukis nih hahahahahaYa dikereta berusaha untuk tetep ga complain, caranya ya senyum-senyum aja sendiri sambil ngelap-ngelap keringet HAHAHAHHA 
3. Pingsan 
Jadi tadi ada satu insiden yang cukup merenyuhkan hati, ada satu mbak-mbak tiba-tiba pingsan didalem kereta dan itu pas kereta jlagi jalan. Kebayang pasti dia ga tahan gegara dipepet orang. Mungkin karena kurang oksigen atau semalem abis begadang jadi pingsan, akhirnya pas stasiun berikutnya dia digotong keluar untuk dikasih tindakan lebih lanjut. 
4. Kering - Kuyup 
Tadi itu ga nyangka kalo kondisi nya sampe se-panas itu, ga kepikiran bawa baju ganti dsb..Untuk orang yang kenal gue sih pasti tau lah kalo geue kepanasan berapa ember keringet yang bercucuran hahahahahha
Pelajarannya:
1. Komitmen
Ya kalo udah komitmen musti sungguh-sungguh jalaninnya, kalopun melanggar ya konsistenlah sama komitmen tadi alias nikmatin konsekuensi yang harus kita jalanin :) 
Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia
2. Bersyukur 
Pas gue dempet-dempetan di kereta kemarin gw sempet memperhatikan sambil merenung ternyata keras banget yah perjuangan orang-orang ini untuk berangkat kerja. Ada Bapak-bapak udah tua banget tapi masih bela-belain nahan sesak napas dikereta, ada mbak-mbak sampe pingsan mau berangkat kerja, dan masih bayak lagi deh.. Ya gue sih mikirnya harusnya gue bersyukur bisa ke kantor biasanya naik kendaraan sendiri. Tinggal cusss langsung sampe, ga kena hujan, adem, kalo kebelet bisa berhenti dimanapun sesuka hati, dan itu pun kadang-kadang masih suka ngeluh karena macet.. :") Maap ya Beh! Abis dari situ dikantor gue diingetin ayat ini:
Saudara-saudara, janganlah kamu bersungut-sungut dan saling mempersalahkan, supaya kamu jangan dihukum. Lihat! Hakim telah berdiri di ambang pintu - Yakobus 5: 9Mazmur Daud. (39-2) Pikirku: "Aku hendak menjaga diri, supaya jangan aku berdosa dengan lidahku; aku hendak menahan mulutku dengan kekang selama orang fasik masih ada di depanku. --
Oiya bersyukur juga pas kemarin gue pulang kan naik Commuter-line juga, nah  waktu nunggu kereta di stasiun ada mbak-mbak baru dateng keburu-buru gitu tiba-tiba dia mau naik ke kereta tanpa tau itu kereta tujuan mana dan ga sadar itu kereta yang arah ke Bekasi. Ntah kenapa gue sok-sok-an cegat itu mbak-mbak dan spontan bilang ke dia "Mbak, ini ke Bekasi keretanya. Mbak mau kemana? Yang ke arah Bogor abis ini, masih di Sawah Besar".. Bisa bayangin ga kalo ternyata nih mbak-mbak emang beneran mau ke Bekasi????? Malu coy hahahahaha
Tapi ternyata ya Tuhan baiklah, gue ga malu justru mbak-mbak nya makasih makasih ke gue katanya kalo ga gue ingetin mungkin dia nyasar sampe ke Bekasi padahal dia mau ke arah Depok. :) Beneran deh, selalu ada hal yang bisa di syukuri coy sekalipun padat, panas, antri di stasiun eh bisa memberkati itu mbak-mbak.. 
Yuk ah, sama-sama jaga lidah jaga mulut sama jaga hati :D Apapun keadaannya pasti selalu ada hal yang kita syukuri dari pada ngeluh, muka makin berkerut dan kelihatan cepet tua :) :D huehuehue
Semoga memberkati,
-FHT- 

2 komentar:

Anonymous said...

semangat ya frits jalanin komitmen nya :D

fht said...

Iya bro semangat juga ya brooo

Post a Comment

 
Design by Frits Hendrico Tarihoran | Bloggerized by fritshendrico - Premium Blogger Themes | Revivalist, History Maker