Wednesday, June 27, 2012

Karakter Peraih Janji Tuhan

Tentunya, Saudara-saudara, saya sesungguhnya tidak merasa bahwa saya sudah berhasil merebut hadiah itu. Akan tetapi ada satu hal yang saya perbuat, yaitu saya melupakan apa yang ada di belakang saya dan berusaha keras mencapai apa yang ada di depan.
Itu sebabnya saya berlari terus menuju tujuan akhir untuk mendapatkan kemenangan, yaitu hidup di surga; untuk itulah Allah memanggil kita melalui Kristus Yesus 
Filipi 3: 13-14 BIS Version

Waktu ibadah minggu kemarin gw suka banget sama Firman yang diatas ini, katanya kita musti harus kudu wajib ngelupain apa yang ada dibelakang kita untuk satu tujuan pasti yaitu sebuah kemenangan. 

Brethren, I do not count myself to have apprehended; but one thing [I do], forgetting those things which are behind and reaching forward to those things which are ahead, I press toward the goal for the prize of the upward call of God in Christ Jesus - NKJV

Kalo versi yang itu lebih keren lagi, katanya biar dapet hadiah~ Bicara tentang hadiah, jadi inget dulu waktu gw masih SD sampe SMP bokap sama nyokap sering ngasih hadiah karna ya nilai-nilai gw lumayan bagus (lumayan loh, gw ga bilang bagus hahaha), malah inang tua (kakaknya bokap) gw kasih sayembara "kalau nilai IPA dan Matematika kalian ada yang diatas 8 nanti inang tua kasih uang, kalo ga salah dikasih 50 ribu deh ahahhahaa" nah yang kaya gitu sering banget menambah motivasi gw buat lebih keras belajar, soalnya yang paling sering dapet itu adek gw karna emang gw akuin dulu doi lebih rajin belajar dari pada gw hahaha dulu yah, sekali lagi - dulu sodara-sodara..
Tapi dibalik iming-iming hadiah itu diperlukan banyak hal untuk bisa mendapatkannya, ya iya dong kan ga mungkin dapet hadiah kalo nilai IPA and MTK gw cuma 5 atau 6 atau bahkan 7,9 trus juga yang penting dibutuhkan sebuah kemauan untuk belajar keras, kemauan ini kan berarti berbicara masalah karakter dari manusia itu sendiri. Ketika manusia melihat sebuah tantangan atau bahkan peluang dihadapannya, dibutuhkan karakter pemenang untuk mengubah tantangan itu jadi kemenangan.
Nah, untuk meraih janji Tuhan itu tadi alias hadiah itu tadi kita orang butuh karakter yang bener-bener pas atau sesuai sama kriteria pemenang hadiah yang ditentukan Tuhan.
Karakter yang harus kita punya kalo mau jadi peraih kemenangan/hadiah itu diantaranya:

1. Berani ambil resiko,
Ada 2 tipe karakter manusia di dunia (menurut pengamatan gw), mereka adalah safety player dan risk taker.
Safety player, "ah yang penting udah dapet kerjaan, gaji lumayan, lingkungan aman terkendali, pacar cantik cinta Tuhan pulak, rumah lagi nyicil, urusan thesis udah kelar, nyantaiiiiii aja dulu...." sering kah anda mendengar kalimat-kalimat sotoy diatas? gw sih sering, bahkan ada beberapa yang pernah keluar dari mulut gw sendiri. Bersyukur banget kemarin itu gw ditoyor sama Firman Tuhan yang disampaikan, kata pak Pendetanya "kita jangan jadi orang Kristen yang biasa-biasa" Cobalah keluar dari zona nyaman untuk sesuatu yang lebih besar.
Risk Taker, nah kalo yang ini salah satu contohnya adalah Yusuf dari Cibubur eh salah yah hahaha Yusuf dari Arimatea. Kalo lihat kejadian penyaliban Yesus di film-film atau baca di Alkitab sekalipun gw suka kesel sama murid-murid Yesus, kemana mereka waktu TY disalib? ha? kemana mereka?
katanya setia, TY disalib pada ngumpet..
katanya cinta sama Gurunya, ternyata gombal. hahaha
Waktu TY mati, justru bapak Yusuf dari Arimatea ini yang punya inisiatif untuk ambil jasad TY untuk dirawat atau dikuburkan, gw ga mau panjang-panjang tentang murid TY yang ga keliatan pas TY disalib, tapi coba kita fokus sama Bpk. Yusuf ini, dia ini salah satu anggota majelis besar yang lumayan terkenal diantara teman-teman majelis lainnya, dia adalah satu-satunya majelis besar yang ga setuju sama penghukuman Yesus saat itu. Karakter Bpk. Yusuf dari Arimatea ini berani berbeda dari teman-temannya yang lain, dia berani ngambil resiko untuk meminta jasad TY~ Bagaimana dengan kita? Jawab sendiri!

Didunia bisnis ada satu jargon yang terkenal banget yaitu "makin besar resiko, makin besar pula keuntungan yang anda raih". Setuju ga? Udah setuju aja yah hahaha
nah, selain Yusuf dari Arimatea, gw mau tulis satu contoh risk taker lainnya yaitu Daniel dkk. Kisah mereka ini relevan banget buat anak-anak muda seumuran gw sekarang. Muda, ganteng, cinta Tuhan, rajin komsel, pinter, wahh pokoknya pria idaman wanitalah yah, bukan begitu cewe-cewe???? hahahaha
Daniel ini anak muda yang berani berbeda dari anak muda yang lain, dia ga mau menajiskan dirinya dengan makanan yang dimakan rajanya. Dia ga mau mendukakan hati Tuhan dengan melakukan yang Allah tidak inginkan, sekalipun kaisar lawannya. Bayangin sendirilah yah, anak muda numpang kuliah kok malah ga mau nurut sama peraturan! ckckck Gw suka banget sama bang Daniel ini, dia ga mikir yang aneh-aneh akan terjadi nanti kalo dia tetep ikut Tuhan, dia ga takut walaupun bertentangan sama peraturan raja. Bagaimana dengan kita coy?
Ayo jangan cuma nuntut berkat, tapi perbaiki dulu kualitas hidup kita supaya berkenan dihadapan TY. Oiya, keinget tulisan ini, buat mba diet percaya deh walau terlihat mempersulit keadaan dan mungkin beresiko tinggi tapi kalo Tuhan udah janji yakinlah ga bakalan diingkarin. Amen mba diet? hehehe

2. Investasi hal-hal positif mulai dari ucapan dan perbuatan,
Ucapan: Jangan pernah menyakiti hati orang lain. 1 Samuel 25: 1-40
Susah? Emang, tapi bisa !!!
Perbuatan: 
Galatia 6 : 7 dikatakan " apa yang kamu tabur, itulah yang kamu tuai"
Dari situ mah udah jelas lah yah, yuk ah sama-sama investasi kebaikan. Ya ga usah muluk-muluk mulai dari hal simple aja dulu misalkan transfer uang 50juta ke rekening saya. hahahaha
Contoh Yusuf dari Arimatea tadi, dia berani action untuk meminta jasad TY adalah salah satu hasil dari investasi iman dan perbuatan dia selama dia mengenal TY yang dijanjikan sebagai Juruslamat itu, karna investasi iman itulah dia berani beresiko dan bertindak.

3. Pelamar pelayanan,
Waktu denger pengajaran kemaren gw rada bingung sih apa hubungannya jadi pelamar pelayanan sama jadi peraih janji Tuhan?
Jadi gini, ternyata Tuhan itu suka banget kalo kita sibuk sama pekerjaanNya ya lewat pelayanan kita masing-masing, ga cuma dimimbar kok, satu contohnya adalah temen gw yang punya pelayanan jadi tukang sms-in Firman Tuhan tiap pagi keorang-orang yang dia kenal di kontak handphone nya. Mungkin buat sebagian orang, ini orang rajin bener deh kok tiap hari sms-smsin beginian apa pulsanya ga habis yah atau sebagian lagi mungkin berkata, ini orang apa-apaan sih kok nyampah ajah huhuhu
Walaupun cuma jadi tukang sms, tapi hidupnya diberkati melimpah-limpah sob bahkan bener-bener melimpah ruah tak pernah kekurangan. Gw jadi inget satu hamba Tuhan diBandung dulu pernah bilang gini:
"Saat kita sibuk dengan pekerjaan Tuhan, Tuhan juga sibuk untuk memberkati kita. Tuhan kita tidak pernah mau terhutang" - Tonni Hutasoit
Ga perlu khawatir dan hiraukan omongan orang lain, kerjakan terus pelayananmu maka semua akan ditambahkan kepadamu..
Satu lagi contoh lagi deh, digereja tuh ada pelayanan namanya Usher kerjaannya cuma senyum--salam--sapa.. Sama persis kaya teller di Bank malah lebih berat kerjaan teller deng, tapi sekali lagi kalo Tuhanitu melihat hati pelayannya. Gw belum pernah denger ada usher yang sakit giginya karna kebanyakan senyum, gw belum pernah denger ada usher yang tangannya putus karna kebanyakan salaman sama jemaat, gw belum pernah denger ada usher yang suaranya habis karna ngucapin "Shalomm, welcome home.." malahan yang gw denger hidupnya diberkati, careernya terus naik, keluarganya diberkati. Padahal kesannya pelayanan mereka itu sepele, ga perlu modal suara bagus, ga perlu jago ngedrum, atau yang lainnya. Yang penting untuk dapetin hadiah dari Tuhan adalah menyibukkan diri dengan pelayanan, maka percaya deh berkat mah ga usah dikejar malah berkat yang akan ngejar-ngejar kita :)

4. Disiplin
Masalah kedisiplinan mah butuh waktu banyak buat ngupas tuntas tentang hal ini, cuma kemarin gw diingetin lagi untuk bisa dapetin janji Tuhan kita musti kudu wajib bener-bener disiplin dalam menjalankan perintahnya.
Disiplin rohani merupakan bagian hidup yang tidak dapat dilepaskan dari seorang yang menjadi murid Kristus.  Disebut bagian hidup berarti disiplin rohani cenderung melibatkan investasi waktu dalam hidup kita.  Disiplin rohani juga merupakan upaya aktif dari orang yang telah menjadi milik Kristus untuk makin menyerupai Kristus.  Memang Roh Kudus memampukan orang Kristen untuk menjalankan disiplin rohani, tapi tanpa kemauan dari dalam diri orang Kristen itu sendiri disiplin rohani tidak akan terjadi. 
Pertanyaannya: 
Masihkan kita disiplin dengan komitmen kita untuk sate pagi-pagi buta? atau jangan-jangan satenya udah berubah jadi pas makan siang dikantor? ga salah sih, cuma namanya juga disiplin sob ya harus konsekuen sama komitmen awal.
Masihkah kita disiplin dengan komitmen kita untuk baca firman minimal 2 pasal satu hari? atau jangan-jangan udah lupa?
Oiya, disiplin juga merupakan suatu tanda kasih. 
di Alkitab, “baca deh” (Ibrani 12:5-11) kita disiplin bukan karna hanya takut dihajar Tuhan atau dihukum Tuhan tapi kita disiplin karna memang kita cinta sama Dia :)
Loe ngaku cinta Tuhan tapi ga disiplin? Ah, gombal.. hihihihi

Nah itu dia, kemarin yang gw dapet ada 4 kunci sih gimana caranya kita dapetin hadiah atau kemenangan yang dijanjikan Tuhan. 
Sekarang apa yang sendang kita gumulkan?
Hadiah apa yang Tuhan janjikan atas pekerjaan? Skripsi? Pasangan Hidup? Pelayanan? atau apapun itu, yuk sama-sama belajar punya 4 sikap tadi. Susah? Gampang ah~ hehehhe

God bless~

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Frits Hendrico Tarihoran | Bloggerized by fritshendrico - Premium Blogger Themes | Revivalist, History Maker