Tuesday, August 14, 2012

Pan Van de Steur Bekasi

Minggu 12 Agustus 2012 kemarin gw dan teman-teman CG (akhirnya) pergi kunjungan kasih ke salah satu panti asuhan di sekitaran Bekasi, bersyukur sekali karena akhirnya ini acara bisa berjalan dengan penuh sukacita :)
Awalnya sih ada yang nyeletuk "sekali-sekali main ke bawah kolong jembatan yuk, ya minimal kasih nasi bungkus untuk anak-anak jalanan disana" ehh ga tau nya anak-anak CG pada respond baik dan ternyata mereka juga sangat antusias denger ide yang kaya begini. Lagian sih emang kalo dipikir-pikir nih ya, tiap minggu pasti fellowship di mall dan dapat dipastikan juga bakal keluar uang untuk makan dan ngopi yang kalo dipikir-pikir juga ga sedikit nah dari pada terus-terusan 'memboroskan' diri dengan hal tersebut maka terciptalah ide untuk fellowship dibawah kolong jembatan untuk kasih nasi bungkus kepada anak-anak jalanan.

Akhirnya beberapa dari kita survey ke beberapa tempat disekitaran Grogol dan Pluit sana, dari mulai survey aja Tuhan udah ngingetin banyak hal buat gw pribadi. Pernah waktu survey ke daerah sekitaran Pluit kita lewat bantaran sungai gitu dah gw ga tau nama sungainya itu apa mungkin sungai kekelaman kali yah namanya soalnya airnya item seitem itemnya :') , gw ga nyangka kalo dipinggiran sungai yang sangat sempit begitu ternyata ada banyak sekali rumah-rumah bedeng (rumah gubuk kecil semi permanen dari kayu dan seng doang) dan disana banyak anak kecilnya. Waktu masuk lewat dari pinggiran sungai itu gw diingetin sama ayat ini:
Siapa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, memiutangi TUHAN, yang akan membalas perbuatannya itu. Amsal 19: 17 TB Version 
Terjemahan Bahasa Indonesia sehari-harinya lebih dalem lagi nih: 
Menolong orang miskin sama seperti memberi pinjaman kepada TUHAN; nanti TUHAN juga yang akan membalasnya. Amsal 19: 17 BIS Version
Berasa ditonjokin sama petinju pemenang medali emas di olimpiade London rasanya, bahkan seperti ditusuk-tusuk hati ini rasanya, karena melihat masih banyak sekali orang disekitar gw yang kehidupan mereka bisa dibilang ga layak bahkan sangat tidak layak. Dengan mata kepala gw sendiri gw lihat ada beberapa anak-anak yang dimandiin dipinggiran sungai gitu, gw ga tau deh itu air nya air sungai atau air bersih tapi perasaan gw mah kayanya air dari sungai juga toh kalau pun bukan air sungai pasti air disana ga akan bersih namanya juga dibantaran sungai. Agak jalan lebih lanjut gw lihat lagi ada bapak-bapak udah tua gw ga tau dia lagi ngapain (soalnya waktu lewat itu udah agak malam, jadi gelap) pokonya duduk doang ga pake baju mungkin termenung ntah apa yang dia pikirin gw juga ga tau seberapa berat beban pikirannya tapi intinya lewat raut wajahnya aja gw bisa rasakan berapa berat yang sedang dia pikirin :')
Pokoknya ada banyak adegan-adegan yang bikin gw agak melow sendiri, inget ayat diatas tadi langsung dikasih peneguhan kalo emang kita itu harus selalu membantu orang lain disekitar kita apalagi orang miskin. Ga perlu mikirin kata orang-orang lainlah, kan jaman sekarang tuh banyak di tv yang bilang kalo pengemis-pengemis dan anak jalanan itu ternyata dikampungnya orang kaya, bukannya mendidik mereka untuk tidak malas bahkan malah justru kita rugi karna bikin mereka makin kaya dikampungnya. Ahh banyaklah, terlepas dari itu semua intinya kan memang sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk menolong mereka mau mereka ternyata orang kaya kek apa kek toh disini mereka hidup sangat tidak layak juga.

Persiapan kita cuma 3 minggu untuk siapin budget, mental, air mata melow dan lain sebagainyaaaa, lalu kita memutuskan untuk beli nasi bungkus beserta kolak sebagai pelengkap (momentnya pas lagi bulan ramadhan) untuk dibagikan dibawah kolong jembatan Grogol sana. Ga jadi dibantaran sungai Pluit karna kita ketakutan pas baru dateng tiba-tiba diserbu orang sana soalnya jumlah mereka super banyak dan kita ga tahu mesti koordinasi ke siapa, kalo di Grogol kan ada kaya penatuanya gitu jadi lebih gampang untuk koordinasi segala hal. Waktu tinggal 2 minggu lagi, kita survey sekali lagi ke Grogol untuk make sure semua bisa berjalan baik pas hari H. Tapi tiba-tiba ga tau kenapa kita urungkan niat untuk 'beraksi' disana, bingung sih jelasin kenapanya.. Tapi akhirnya kita berubah pikiran dan memutuskan untuk pergi ke panti asuhan, yap padahal pertama ga kepikiran untuk ke panti karna kan kalo ke panti pasti pake bikin surat-surat ijin dsb agak ribet dibanding cuma ke kolong jembatan, tapi ya gataulah akhirnya kita dapet satu panti asuhan Kristen gitu disekitaran Pondok Gede Bekasi sana. Jumlahnya kalo lengkap ada 80 anak kurang lebih, mulai dari SD sampai ada juga yang udah kuliah.

Persiapan dengan waktu yang singkat tidak berarti akan membuat kami melakukan pelayanan ini dengan asal-asalan sebaliknya justru kita siapin semua sebaik mungkin mulai dari mikirin acaranya, hadiahnya, makanannya, transportnya, dananya, rute perjalanannya dan segalanyaaa pokoknyalah. Waktu mempersiapkan hal-hal itu gw ngerasain bgt kebaikan Tuhan yang sangat luar biasa, salah satunya adalah gw nikmatin bgt ALLAH yang disebut JEHOVAH JIREH.. Yap, Allah saya adalah Tuhan yang menyediakan segalanya. Kesaksiannya adalah, waktu itu kita orang sempat bingung mau pesan makanan dimana ya secara kita pesen agak banyak dan rata-rata dari kita adalah anak kost yang boro-boro tau tempat untuk catering wong makan sehari-hari aja ga tentu dimana. hahahahah
Musti pesen dimana yah biar ambilnya gampang, musti pesen apa ya, musti gimana yah, musti bayar berapa yah, semuanya itu terjawab karna akhirnya kita dapet 1 tempat catering yang emang nyanggupin bikin nasi kotak lengkap dengan es buah kawan-kawannya. Bukan itu doang, tiba-tiba kita dapet kabar kalo ada satu orang yang mau kasih sumbangan, berupa snack dan jumlahnya itu ga tanggung-tanggung mamen. Jumlah yang dia kasih lebih dari pada cukup buat acara nanti anak panti cuma 80 ditampa anak-anak CG paling 15 orang tapi dia ngasih kita 150 pcs, padahal kita ga kepikiran sama sekali untuk nyiapin snack toh juga kan kasih makan doang kayanya udah cukuplah. Bener-bener ga nyangka kalo Tuhan kirim orang-orang baik untuk nyediain begituan. Jadi inget juga cerita tentang bapa Abraham yang hampir barbecue-an pake daging anaknya sendiri. 
Pas anaknya nanya, "Pak, ini kita mau kemana? kayu bakar ada, api ada, pisau juga ada segalanya ada tapi mana daging domba untuk korban bakarannya?"
Kebayang ga kalo bapa Abraham jawab "kamu yang bakal aku panggang nak ku.."??
Tapi ini ngga, bapa Abraham malah jawab pake iman yang keren banget, katanya "Allah yang akan menyediakan anak domba untuk korban bakaran bagi-Nya, anakku". Bapa Abraham terlalu yakin kalau Tuhan cuma mau lihat ketaatan hatinya dan ga akan bikin anak yang udah ditunggu-tunggunya jadi korban bakaran malah dia beriman bahwa Tuhan-lah yang akan menyediakan domba bakarannya.
Lalu berkatalah Ishak kepada Abraham, ayahnya: "Bapa." Sahut Abraham: "Ya, anakku." Bertanyalah ia: "Di sini sudah ada api dan kayu, tetapi di manakah anak domba untuk korban bakaran itu?"Sahut Abraham: "Allah yang akan menyediakan anak domba untuk korban bakaran bagi-Nya, anakku." Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama.Sampailah mereka ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya. Lalu Abraham mendirikan mezbah di situ, disusunnyalah kayu, diikatnya Ishak, anaknya itu, dan diletakkannya di mezbah itu, di atas kayu api.Sesudah itu Abraham mengulurkan tangannya, lalu mengambil pisau untuk menyembelih anaknya.Tetapi berserulah Malaikat TUHAN dari langit kepadanya: "Abraham, Abraham." Sahutnya: "Ya, Tuhan."Lalu Ia berfirman: "Jangan bunuh anak itu dan jangan kauapa-apakan dia, sebab telah Kuketahui sekarang, bahwa engkau takut akan Allah, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku."Lalu Abraham menoleh dan melihat seekor domba jantan di belakangnya, yang tanduknya tersangkut dalam belukar. Abraham mengambil domba itu, lalu mengorbankannya sebagai korban bakaran pengganti anaknya.Dan Abraham menamai tempat itu: "TUHAN menyediakan"; sebab itu sampai sekarang dikatakan orang: "Di atas gunung TUHAN, akan disediakan." Kejadian 22: 7-14
Tuhan tuh baik banget sob, dia cuma pengen kita taat sama perintahNya aja. Waktu kita punya hati yang taat saat itu juga dia menyediakan segalanya untuk kita. :)
Kalo kata Tuhan, kasihi sesama apalagi orang miskin atau janda-janda atau anak yatim atau siapaun itu, ya kita musti taat, jangan mikir yang lain-lain dan percaya saja Tuhan sudah sediakan sesuatu yang besar didepan kita. Ada amen sodara?????? AMENN!!

Long story short, minggu 12/08 kemarin akhirnya kita pergi kesana dengan penuh sukacita. bisa lihat senyum mereka semua adalah sebuah sukacita sendiri bagi gw karna jarang banget gw nemuin ada banyak anak kecil yang senyum, ketawa bahkan teriak-teriak kesenengan selain anak tetangga gw dirumah. hahahahaa agak ga nyangka juga beberapa dari mereka confide in me tentang cita-cita mereka, tentang hari-hari mereka dipanti, itu bener-bener bikin seorang Frits melow lebih melow ketimbang kehilangan seorang kekasih #ehhhh #apaansih :D
Semua jerih lelah, tetes keringat, air mata, dan peluh sesah terbayar lunas waktu denger Firman Tuhan yang dibagikan, waktu nyanyi bareng anak-anak panti, waktu main games bareng, waktu denger curhatan mereka, waktu makan bareng mereka.. :)
Dan ini adalah beberapa foto yang kesimpen kemarin:

Ini juga:
Yang pojok kiri dan pojok kanan dibawah ini mirip yah? hahaha Hana CG11 dan Angel Pan Van de Steur

Yang ini namanya Adele, cantik yah?? Adele, andai saja kita lahir ditahun yang sama ya... ahhahahahahah :D


Jika kau mempunyai kemampuan untuk berbuat baik kepada orang yang memerlukan kebaikanmu, janganlah menolak untuk melakukan hal itu. - Amsal 3:27
Berilah kepada orang lain, supaya Allah juga memberikan kepadamu; kalian akan menerima pemberian berlimpah-limpah yang sudah ditakar padat-padat untukmu. Sebab takaran yang kalian pakai untuk orang lain akan dipakai Allah untukmu." - Lukas 6:38
Seandainya seorang saudara atau saudari memerlukan pakaian dan tidak mempunyai cukup makanan untuk sehari-hari. Apa gunanya kalian berkata kepadanya, "Selamat memakai pakaian yang hangat dan selamat makan!" --kalau kalian tidak memberikan kepadanya apa yang diperlukannya untuk hidup? Begitulah juga dengan iman, jika tidak dinyatakan dengan perbuatan, maka iman itu tidak ada gunanya. - Yakobus 2:15-17
Ada orang suka memberi, tapi bertambah kaya, ada yang suka menghemat, tapi bertambah miskin papa. Orang yang banyak memberi akan berkelimpahan, orang yang suka menolong akan ditolong juga. - Amsal 11:24,25
Ingatlah! Orang yang menabur benih sedikit-sedikit akan memungut hasil yang sedikit juga. Tetapi orang yang menabur benih banyak-banyak akan memungut hasil yang banyak juga. Setiap orang harus memberi menurut kerelaan hatinya. Janganlah ia memberi dengan segan-segan atau karena terpaksa, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan senang hati. Allah berkuasa memberi kepada kalian berkat yang melimpah ruah, supaya kalian selalu mempunyai apa yang kalian butuhkan; bahkan kalian akan berkelebihan untuk berbuat baik dan beramal. Dalam Alkitab tertulis begini tentang Allah, "Ia menghambur-hamburkan kepada orang miskin; kebaikan hati-Nya kekal selama-lamanya." Allah yang menyediakan benih untuk si penabur dan makanan untuk kita. Ia juga akan menyediakan dan memperbanyak apa yang kalian tabur, supaya hasil kemurahan hatimu bertambah pula. Dengan demikian kalian akan serba cukup dalam segala hal sehingga kalian selalu dapat memberi dengan murah hati. Dan pemberian-pemberianmu yang kami bagi-bagikan, menyebabkan banyak orang mengucap terima kasih kepada Allah. Sebab perbuatan baik yang kalian lakukan ini bukan hanya akan mencukupi kekurangan umat Allah saja, tetapi juga akan menyebabkan banyak orang berterima kasih kepada Allah. - 2 Korintus 9:6-12
Segala kemuliaan hanya bagi Tuhan..
Halleluya !!! 

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Frits Hendrico Tarihoran | Bloggerized by fritshendrico - Premium Blogger Themes | Revivalist, History Maker